Rumah Hantu Darmo

|


Sebuah urban legend paling tersohor di Surabaya, Rumah Hantu Darmo atau lebih akrab disebut RHD. Tempat plesiran malam alternatif buat anda yang doyan tahayul, supranatural, atau hal-hal gaib yang lainnya. Berbagai versi kisah mistis mengiringi keberadaan rumah yang terletak di perumahan elite Darmo di kawasan Surabaya Barat tepatnya di Jalan Raya Puncak Permai. Mulai dari asal muasal "terjadinya" yang katanya sekeluarga dibunuh di rumah tersebut. Entahlah, tapi yang pasti rumah ini sempat hangat di media beberapa waktu silam, seperti ulasan koran tempo ini. Dan saya masih ingat saat pertama mengunjungi RHD saat kelas 6 SD dan pada saat itu police line masih terpasang rapi mengitari rumah tersebut.

Kini keberadaan RHD telah menjadi buah bibir paling terkenal bagi pecinta alam gaib di Surabaya. Cobalah uji nyali anda dengan mengunjungi dan merasakan langsung atmosfernya. Kamis malam mugkin waktu yang pas untuk uji nyali, karena selain anda pasti akan ada orang atau rombongan lain yang mampir kesana. Yap, RHD tidak pernah sepi oleh kunjungan. Entah sekedar ingin tahu atau merasa tertantang untuk mencoba hawa-hawanya. Yah, sebuah legenda mistis yang menyeruak di tengah belantara metropolis.

Inilah foto-foto jepretan saya pas mampir ke RHD pada Kamis 28/4 untuk ke sekian kalinya ^^b










67 comments:

Slazh raY va said...

Busssettt...
Serem banget tu rumah.
Tu photo siang hari atau malam hari sob?

Bagus tu rumah bwt d pke maen petak umpet.
Hha...

andra said...

rumahnya ngeri sangat.

blognya keren... saya udah baca semua postingannya. mantap..

irsan said...

hehehe makasih sobat semua..

@slazh: tu poto malem hari bos, pas jumat dini hari, hehehe...

@andra: hehehe, makasi sob..

az_zahra aja dech said...

takud nye saye .........
tpi keren kuqz critannya...

Yudi said...

Mantap sob,,, liat photo2nya az udah serem,, hee
http://4share4.blogspot.com

nita said...

siang hari aja kelihatan serem...apalagi malamnya..
ngeri..
nyali aku malah ciut...

Lionny said...

boleee jg hunting d tch tmpat . bgunannya ada sejak kpn bro..?

Irsan Blogger said...

@all: banyak lo abg yg main di tempat ni, selain penasaran juga bisa buat uji nyali..
@lionny: dari sy SD udah kyak gini ni bangunan, taun 2000an awal..

Majalah Bisnis Bergaya said...

ah yg boneng gan?? kasian amat dibunuh 1 keluarga,,, hmm banyak bgt crita kyk gitu.. hati2 gan

nice info gan :)

tommy lapindo said...

srem juga yaa rumah hantu darmo hiii takut,,,,

Anonymous said...

kalo malam bos nKUTIN,,,,tapi kalo jam 11 smpek sore jam stgah 5an itu rme banget,,karena itu juga dibuat tempat mesum, g dari anak SMA saja, smp ,ank kerja juga ada,,,,,bilang gt cos aku liat ndri bos,,,,,,,dulu ku pernah sempet pengen mampir n berbuat mesum(mesum cuma raba2, atau ciuman) tapi untung g jadi cs hati ku g enak poll,,,dan be2rapa waktu ku tahu bahwa itu rumah hantu,,,untung g jd nesum dsna

Anonymous said...

bullshit disana itu rumah hantu...perlu kalian ketahui itu cuma kabar yg sengaja disebarkan oleh pemuda kampung sekitar agar tempat tersebut dikunjungi org dan mereka ada yg berjualan jagung bakar,rokok,minuman ringan dll.
sejarah rumah ini kosong karena setelah sang ibunda pemilik rumah ini wafat(secara normal karena sakit,bukan dibantai atau kecelakaan)seluruh keluarga yg lain pindah keluar negeri jadi rumah ini tidak ada yg ngurusi,saya tahu cerita ini karena mantan pacar teman saya adalah anak pemilik rumah ini.
HARAP BERHATI-HATI BAGI PENGUNJUNG WANITA waktu malam,karena didalamnya ada preman yg akan menodong semua harta benda yg dibawa saat berada didalam rumah ini karena kondisinya yg sangat gelap..hal ini sudah terbukti dengan adanya laporan ke pihak kepolisian.
intinya bukan ada hantu didalam,tetapi preman2 mabuk n tuna wisma yg terkadang berteduh disana.
terima kasih

Irsan Blogger said...

@untuk komen diatas : statemen agan juga kan dari cerita pacar temen agan, jadi keabsahan cerita nya gak bisa dibuktikan..
Terus masalah berjualan jagung, rokok, minuman ringan dll itu juga nonsense gan, soalnya selama ane kesana gak ada tuh yang jualan2.. adanya cuma nasi/mie goreng yg ngendon di pos satpam, itupun kalo jam 1 keatas udah sepii pool..
masalah yg sekeluarga dibantai/bunuh diri emang cuma isu yang banyak beredar yg juga gak bisa dibuktikan kebenarannya, tp yang pasti masih ingat ane waktu masih kelas 6 SD diajak kesana ma kakak, n terpampang jelas ada police line disana!! apalagi kalo bukan karena ada tindakan kriminal..
yang betul emang rumah itu sering dijadikan ajang mabuk2an ma preman2..

terimaksih koment dan kritiknya gan :)

Anonymous said...

gw setuju am lu irsan cz pas k sna g ad org jualan jgung, rokok dll,,
yg ad cma warung d sblah ntu rmh tp wrungx g rame,,
lw bkn rmh hntu, bwt ap team dua dunia k sna??
gua az pas mw masuk ntu rmh mju mundur (tkt),,

Anonymous said...

barusan aja mampir kesana bos..
sekedar info aja.. sy 100persen gak tau keberadaan rumah tersebut. tapi feeling sy mengatakan pernah kesana waktu sd dulu. dan ketika tadi saya penasaran dan pergi cari tau sama cewek sy, ternyata memang benar. rumah tersebut adalah rumah jaman kelas 3sd dulu sekitar tahun 1998an. well sama aja sih gan, sama2 wingit+gak terawatnya. tapi sekarang jauh lebih rame keknya dibandingin yang dulu. dan ini beneran, ketika sy belok ke jalan menuju rumah tersebut, langsung bulu kuduk sy berdiri, dan cewek sy ngerasain hawa paanas banget. padahal sebelumnya disekitaran situ dingin banget ngerasainnya. well gak tau lagi deh....:D

putri_thi said...

boleh nambahin ga gan?
waktu malem apa ya (saya lupa, entah di trans tv/trans7 itu ngebahas soal rumah darmo, dan ada 1 media perantara yg kemasukan, dia cerita kenapa rumah itu kosong. intinya yg saya ingat: dulu penghuni rumah itu ikut pesugihan. pesugihan itu minta tumbal. sipenghuni dan keluarga punya niat untuk melarikan diri dari perjanjian, dan si "mahluk ghaib" itu ga terima dengan ingkarnya si penghuni, ahirnya dijalan penghuni rumah itu mengalami kecelakaan (tenggelam waktu naik kapal).
ya Allahu alam yang bener yang mana.
mau nambahin juga soal yang jualan jagung bakar itu, saya punya temen di surabaya katanya ga ada tuh yg jualan kayak gitu, daerah situ sepi, ya cuma yang ada di pos satpam aja.
*berbagi info*

Anonymous said...

numpang share gan,,, tahun 2006 gw pernah ksana ma temen2 kampus. kami ber5 waktu itu, sekitar jam 12 mpe 1 malem. klo ga salah itu rumah yg sebelah kanan ada garasi yah???entah knpa wktu gw liat tiba2 air mata gw bercucuran, sebabnya jg ga taw, yg gw inget cm di atas ada anak pake topi badut/topi jhosua yg duduk(gw cm liat siluetnya si)trus kita pindah ke depan n foto2 dsna. hasilnya ada 2 bayangan putih di pintu and tangga. trus wkt kita mo pulang 3 orang dari kita denger suara ambulance and suara banyak orang spti orang yg mo nganter mayit k makam "laila ha il lawLLah" gtu. sementara gw ma seorng yg lain ga denger apapa. langsung de kita cepet2 pulang.... ga taw itu cm perasaan kita aja ato gmna itu pengalaman gw....

Anonymous said...

pokoknya seram abis...minggu lalu gak nonton ya acara tv dunia lain di rumah hantu darmo
...ada yg kerasukan trus diceritain penyebab rumah hantu itu...

Anonymous said...

tapi sekarang kagak serem gan malah sering ane lihat pasangan messum

Ardiiallice said...

wah kmrn saya kesitu, pas kuncen nya lagi ngasih kembang.. :D

ada yang tau cerita sebenernya g..?

gitarissalaharah.blogspot.com

Anonymous said...

yg ak tau bukan gara" dibunuh kali ya. yg bner tuh gara" keluargany. bersekutu sama setan tepatnya pesugihan.

Anonymous said...

lebih lengkapnya. liat di youtube. pas acara DUA DUNIA

Anonymous said...

Bener tuh itu rumah emang bekas pesugihan.
coba deh agan2 sekalian ajak temen yang bisa nerawang hal2 ghaib seperti itu

pasti atmosfir + hawanya kerasa bgt.
bahkan sampe sekarang masih kerasa kalo itu rumah bekas pesugihan.

erwinsanjaya said...

benar rumah itu bekas pesugihan,,,,tak ada yg mau mewarisi gedung itu

redyscranext said...

klau udah nyampek di dalam rumah thun km pangiil nma darmi setan yang nmanya darmi pasti keluar

shandy anggun said...

klau sya sdah prnah mngalami hal aneh di stu.. awalnya c gue g prcya tp,wktu msuk lmayan jga bkin bulu" merinding.. slamat mencoba !!!

Anonymous said...

mending ga' usah masuk deh,dr pd kita ntar ganggu penghuni d dalemny.seharusny kita mnghormati mreka,toh kita jg ga' ingin d ganggu mreka.
makasih.
:)

Anonymous said...

Gn,, ane tukang jagung..
cuman pegen ngelurusin masalah jualan jagung aje nh..
ane emang jualan jagung, tapi bukan di deket pos satpam ataupun sekitaran rumah darmo, taappii tepatnya di pinggiran jalan gelap yang namanya lembang bandung..
tapi perlu tegasin lagi gan, emang ane jual jagung..
kalo mao beli ke lembang aja,, dijamin pulen dah jagung ane mah..

Anonymous said...

mlm gan..ane juga mw ngeurusin mslh yg jualan rokok..gan ane jualan rokok juga tp...di dket kapal yg da di dlm rmh tsb?tp jualanya g stiap hri...

anam said...

serem taek tha q mrono g onok opo" ne

jare serem koyok opo sereme d parani mek ngono ae


g level q mrono mane
jare serem
mek pancen q ketemu karo kuntil ank q kate jalok selendange

sopo seng kate ngejak uji uyali karo q

yg pny fb anam slalu setia said...

monggo parani nak omahku

wonosari lor baru gang 5

unyuk-unyuk said...

haduh ngpnz cei ngrusin hal2 mistis gtu,,,ribet krepe dwe.

Nyut_mniez said...

cbnerx klian tuw dikperangi oleh rsa ketakutan klian sndri,,yg nmax hantu tu gag ada.tu hnya sosok setan /jin yg mengganggu mnusia agr mnusia trjerumus iqt mreka ke dlm neraka

Anonymous said...

yg percaya silakan yg kagak juga silahkan gak perlu menjudge seperti itu ...

putz_feira said...

wah,emamng serem sih....
q tiap berangkat/pulang kerja selalu lewat jalan depan RHD
berangkat pkl 15.00
pulang nya lewat pukul 00.30 dini hari
emang banyak yang nongkrong di situ, bahkan sering pak poL patroli disana
pernah kena stop sama pak poL nya ^0^
tapi q bilang pulang kerja,besoknya juga gitu, sampai akhirnya pak pol nya hapaLLL
>,<
tapi untung sih selama hampir setahun selalu lewat situ ga pernah ada gangguan...seremmm sihhh
apalagi pas musim hujan kyk sekarang ini.
tapi bismillah hirrahman nirrahim lah,selalu berlindung padaNya

Irsan Blogger said...

sekedar meluruskan, emang banyak versi tentang asal mula RHD, yang paling gress yg ditayangin acaranya trans7,Dua Dunia, yg nyebutin kalo si mpunya rumah bersekutu sama setan demi pesugihan... tapi apa pun, tetap ni rumah jd urban legend tersendiri bagi masyarakat surabaya.. sekalipun akhir2 ini tempat tsb gak seseram awal mula kemunculannya dulu (pertama kesana, sy diajak oleh kakak, waktu masih kelas 5 SD, disitu masih terpampang police line) sekarang udah dijadikan tempat plesir, parahnya ada juga muda-mudi yg mesum disana...

Anonymous said...

kasih alamat lengkapnya bos..ancer2nya..aq cari2 kq g ktemu y?aq bkan org sby bosss

Anonymous said...

Eh gan,kemaren mlem gwe coba maen k rhd.emang sih gw kgak tau dmna letaknya tu rumah setan.nmanya jg penasaran,ya udah gwe bela"in deh adu nasib buat nyari tu rumah.
ada yg gnjil ni gan,,
tmen2 gw udah berkali kali nanya alamat tu rumah ke orang2 yg ada d dket stu.tp nihil gan,gk ktmu.mpek ptus asa gw.coba muter skali lg deh,,dan akhirnya nongol lah tu rumah.aneh nya tuh rumah berada d jlan yg udah 6 kali gwe lewatin gan.wah wah,kyaknya setannya kgak mau qta dtang ksna.hahaha...

Anonymous said...

Hmmm...
Jd pnsaran pngn ksna .
Seseram apa...

aRindy Septia said...

ftonya biaza bgdt,
mngkanya lugh mw fto" tu para kerabat setannya pada d'kcie tw
biar bza siap" nd nongol dech tu para penghuni'nya d'kamera qmu!

Anonymous said...

kamis malem kemaren gw coba penasaran kesana sm bokap gw.. nah pas disitu, gue terperosok di lubang lantai 2 karena gelap banget.. sandal gw pun jatuh ke lantai satu... tapi anehnya tuh sandal ketemu d perkarangan samping rumah yg ada rumput2 tinggi itu loh :O serius !!!

Anonymous said...

sbnry sy pribadi ckup pnsran dg rmh tu,yg jd prtnyaan knp rmh sGD n smewah tu bs d tngglin gt j..?trz kpn rmh tu da?n SIAPA ownery?coz dr dsigny ckup artistk&ftristik tlbh2 d kwsn elite.
namun,yg sy fhami,yg nmay jin,syethon,ibliz dmn2 pst da,jgnkn d tmpt spt tu,stiap mnusia pun pny(khdam).
tp emg"brg"spt itu lbh dominan d tritorial lembab,gelap,sepi dll,tlbh2 jk mnusia tu sndr srng propganda mk mrk pun lbh narsis.

so Allh a'lm
thx

Anonymous said...

Sekedar kasih info aja ya gan, ada lg gedung Dongki yang seremnya hampir sama kaya RHD, itu gedung bekas rel kereta api yg udh gk kepake,klo gk slh sjk thn 1967

Anonymous said...

dimana itu gedung DONGKI ???

Anonymous said...

aq pernah kesana, dan ada ruangan yg ga boleh dimasukin, kata.ny banyak yg kesurupan dsitu , tapi guide.ny nyeremin, masa' diajak ngomong malah keg fikiran kosoongggg ..
dan aq pernah turun(tepatnya di bawah tanah) dan disitu ada kucing hitam ..

Anonymous said...

ada juga loo tempat serem laen.ny kata.ny sih RUMAH HANTU BRAWIJAYA :-D

F412IS said...

itu emang krna semua keluarga di situ meninggal waktu pesiar... baru2 ini di tyangin di indigo trans tv

fauzi said...

ini ada link nya:
1.http://www.youtube.com/watch?v=kJLkwyZPheg
2.http://www.youtube.com/watch?v=FtZNCgvkZJs
3.http://www.youtube.com/watch?v=3LQ6lpXs4mg&feature=endscreen&NR=1

Anonymous said...

Wah...gw am tmen2 kul bru mlm kmren ksana...dan....tmenku lyt anak kecil nyebrang di jalan dket rhd.....smua tmen bulu kuduk nya merinding....emang sereeem

Kuz9 said...

waduh serem amat. padahal saya mau kesan ambil foto

Kang Jaka said...

Jangan takut dgn yg namanya setan,demit atau mahluk halus lainnya. jika kita takut..bisa2 entar malah kita di ganggu lho di tempat itu juga{Serius}. Anggap saja tiada apa2 di saat berada di tempat angker atau yg berpenghuni mahluk halus,Insyah Allah tiada apa2. Jika kita takut setan.. otomatis iman kita menciut di saat itu juga. Ingat: Derajat manusia lebih tggi dari pada setan atau iblis. Semoga kita selalu jadi orang yg beriman dan tidak takut dgn yg namanya ke angkeran tempat.

Anonymous said...

Sereeeeeemmmm gannn =(

Anonymous said...

saya tau bro, rumah itu dulu malah saya dan om saya yg jadi agennya . .


Dulu kita sampe manggil 5 pemuka agama, dan terjadi hal yg mungkin kamu ga nyangka bro . .

itulah pengalaman saya melihat kilatan astral ditiap pemuka agama tersebut .

finnadjiaa said...

kamu takut hantu aja san hehehe
tapi foto2nya bagus sih
seremnya dapet :)

Obat Migrain Alami said...

wowow...seremmm juga ternyata yah....hhhe

Anonymous said...

Ngehekz,,!! :D

busana muslim modern | busana muslim 2013 said...

wuihhh...klo siang aja serem apalagi malem ya

Coboy said...

suasananya mistiknya pasti kerasa disana,. luar biasa...

Al Maliqu said...

RA PERCOYO

Anonymous said...

Wow...!!!

Alifsar Nurfauzi said...

Laporkan ke dunia lain

Anonymous said...

Wiihh,,seremmm,,,tadi siang aku ma temen2 ke RHD_... ƍäª sengaja lewatin RHD pas keliling komplek naik odong_odong...hahaha

Anonymous said...

flat. biasa aja

Citra Sari Murty said...

Pertanyaan loh pada tolol semua udah tau dijelasin malm hari ya serem lah.
Ga serem tuh pasar malam ada mandi bolanya.
Goblok loh.
Serem lagi noh lu tempong pos pos komplek tentara pasti lu ngerasain sendirinya....

Anonymous said...

yah, serunya disana main kokkuri san (permainan hantu jepang) :D
ato main kakkurenbo

Anonymous said...

Ada proyek rumah itu akan di bangun sebuah rumah oleh pejabat

Anonymous said...

lebih serem pas dl masih ada police line nya,juga ada gentengnya..pas udah bolong atapnya,jadi terang benderang disinari bulan..cmn kalo di basement musti pake senter gan..gelap amat..sy pernah ksana pas mlm,di lt 2 ada org semedi pake baju item2..pas aku mau bilang ke kakak ane,org nya ilang..antara penampakan ato org yg cari pesugihan alias nomeran..nah beberapa tahun kemudian,ane foto prewed dsana..tapi ga ada kejadian apa2,siang2 sih..pas lg gerimis..banyak anak2 kecil yg main kejar2am dsana..

Post a Comment

tinggalkan jejak ya